Thursday 26 February 2015

Alat - Alat Musik Terunik di Dunia

Sebuah lagu tidak akan terdengar indah tanpa harmonisasi alat musik. Tak terkecuali pada alat-alat musik berikut yang unik dan terbilang langka di dunia. Perubahan jaman dan pola modernisasi membuatnya menjadi luntur dilahap zaman. Penasaran dengan alat-alat musik tersebut berikut adalah alat musik terunik, teraneh, dan terlangka :

 

1. ALPHORN

 

Alphorn adalah terompet raksasa yang terbuat dari kayu. Terompet unik yang sangat mendengung suaranya seperti menggaung auman srigala di malam hari.




2.HARP GUITAR









Harp Guitar adalah alat musik tradisional yang langka. Harp Guitar di buat sudah lama sekali semenjak 2000 tahun silam, namun jarang sekali karena kelangkaanya.

3.THE SEA ORGAN




The Sea Organ adalah alat musik yang aneh dan unik yang berasal dari Kroasia. The Sea Organ jenis alat musik yang langka, lokasi alat musik ini adanya di bibir pantai yang di bangun di Zadar persisi Kroasia. Cara menggunakanya dengan sendirinya yang bunyinya berasal dari angin laut.

4. KALIMBA



Kalimba adalah alat musik yang berasal dari afrika. Kalimba bisa di sebut juga dengan sebutan thumb piano (piano jempol) sebagai alat musik versi modern yang jenis perkusi.

5. SHAMISEN

 

Shamisen adalah alat musik dari jepang yang terbuat kayu dan kulit. Shamisen yang kualitas tinggi memiliki lapisan yang terdapat dari perut kucing betina yang belum kimpoi, sedangkan Shamisen yang kualitas biasa terbuat dari lapisan kulit punggung anjing. Shamisen mempunyai 3 buah senar yang di petik menggunakan bachi.

 

6. MUSICAL SAW



Ini dilakukan dengan menggunakan gergaji tangan. Ketika menempatkan titik kontrol antara lutut Anda, Anda harus menggunakan satu tangan untuk mempertahankan kontrol lain, sementara kurva dari pisau di dalam, membuat suatu bentuk "S". Anda dapat menggunakan busur biola untuk memetik dan apa yang disebut yang disebut titik "manis", yang merupakan bagian pisau yang rata. Orang yang mengontrol nada dengan menggerakkan pisau.

7. GLASS HARMONICA



The Glass Harmonica atau yang lebih dikenal dengan Glass Armonica adalah alat music instrument yang terbuat dari satu set mangkuk kaca atau cangkir dengan ukuran yang bervariasi. Cara memainkan alat ini adalah dengan digosok yang kemudian gesekan-gesekan tersebut akan menghasilkan suara. Untuk pertama kalinya seorang musisi Irlandia bernama Richard Pockrich memainkan alat music ini saat ia tampil pada sebuah acara di London.

8. CUCUMBER PHONES



Alat musik ini memang terbilang aneh, pasalnya sebuah kelompok orchestra di Wina Austria menggunakan sayuran guna membantu proyek suara pada nada yang dihasilkan oleh alat musiknya. Mereka menggunakan wortel pada bagian mulut, timun dan cabai pada bagian tubuh mereka.

 

9. TRAVEL DIDGERIDOO




Alat music tiup yang satu ini benar-benar unik, pasalnya panjang dari alat music Travel Didgeridoo ini mencapai 1 sampai 4 kaki. Konon semakin panjang alat music tersebut maka semakin rendah nada yang dihasilkan.

10. PEGASUS PIANO




Piano jenis unik ini tengah ada sejak abad 19 dan hingga saat ini Pegasus Piano hanya tersisa 14 piano di seluruh dunia. Piano tersbut memiliki 88 tombol yang dapat menghasilkan 7 oktaf suara. Dengan desain yang ergonomis dan tutup keyboard dengan system hidrolik memungkinkan para penggunanya untuk mengatur dan memproyeksikan banyak suara.


Sumber : www.kaskus.co.id

No comments:

Post a Comment