Wednesday 1 April 2015

Multi Graphic Card

Hallo... kali ini saya akan membahas tentang multi graphic card yang sangat dipuja - puja oleh para gamers...karena performance nya dan hasil tampilannya yang waoow sekali..
Multi Graphic Card, CrossFire Dual video card memang sudah lama diperkenalkan. Bahkan saat ini perkembangannya telah mampu membuatnya tidak lagi terbatas pada penggunaan 2 VGA saja. Dengan CrossFire X dari AMD/ATI  memungkinkan untuk mengkonfigurasi 3 sampai 4 video card.Teknologi ini mulai di perkenalkan setelah mulai digunakannya slot PCI Expess sebagai interface video card.
berikut pengenalan tentang CrossFire:

CrossFire



 

CrossFire adalah konfigurasi nulti video card dari AMD/ATI. Jika pada SLI generasi awal memerlukan dua video card yang identik, maka sejak awal diperkenalkan , CrossFire tidak memerlukan syarat ini. CrossFire menggunakan cara yang berbeda dibanding SLI.
Pada awalnya CrossFire, juga memiliki beberapa keterbatasan yang cukup menghambat penggunaannya. Pada generasi awal, dibutuhkan video card CrossFire edition sebagai master card, yaitu video card yang dikhususkan untuk CrossFire. Video card ini dilengkapi dengan chip tambahan yang disebut compositing engine, yang bertugas untuk menggabungkan hasil rendering dari video card. Hal ini berlaku pada CrossFire dengan Radeon X800 series. 

Masih ditambah dengan dibutuhkannya cable dongle untuk komunikasi dua video card tersebut. Dongle tersebut berbentuk externa cable yang menghubungkan dua video card yang dikonfogurasikan secara CrossFire. Kabel ini disebut juga dengan DMS-59 atau DMS. Kabel ini memiliki port interface yang mirip dengan DVI, namun dengan jumlah pin yang berbeda, yakni lebih banyak untuk dihubungkan pada slave card. Dan di ujung kabel lainnya menggunakan port yang disebut VHDCI(Very High Density Cable Interconnect). DMS ini menhubungkan output DVI dari slave card untuk digabungkan dengan output dari master card oleh compositing engine yang terdapat pada master card. Pada saat ini CrossFire telah berkembang menjadi CrossFireX yang memungkinkan untuk menggunakan sampai 4 buah video card dalam satu video card, tidak seperti QuadSLI. Inilah salah satu kelebihannya. Namun tetap saja tidak semua video card ATI yang mendukung CrossFire dan CrossFireX ini.

No comments:

Post a Comment