Friday 12 June 2015

Extreme OverClocking

oke kali ini saya akan membahas mengenai extreme overclocking. sebelumnya pasti kalian tau apa sih overclocking itu? bagi yang baru tau agan jelasin deh :v 

Overclocking adalah sebuah proses Overclock untuk membuat sebuah perangkat berjalan di kecepatan yang lebih tinggi daripada spesifikasi yang dimilikinya (memaksa performa PC).
Secara prinsip, Overclock digunakan untuk membuat kinerja PC menjadi lebih tinggi atau melampaui standart yang di tentukan. Selain itu, Overclock dapat juga dianggap sebagai langkah untuk memaksa komputer melebihi kemampuan aslinya. Overclock biasanya diukur menggunakan satuan Megaherzt (Mhz) atau Gigaherzt (Ghz). Biasanya komponen yang sering di Overclock adalah RAM,VGA, dan Prosessor.


biasanya overclocking digunakan untuk mengetahui seberapa bagus kualitas suatu hardware. bahasa keren nya buat tester hardware. ada 2 cara untuk melakukan overclocking :
1. bisa melalui settingan BIOS
2. bisa menggunakan software.



sebelum melakukan overclocking sebaiknya agan- agan mengetahui apakah hardware yang agan miliki support untuk di overclocking atau tidak. disini saya menyarankan melakukan overclocking pada PC atau komputer. 
saya pernah ikut seminar overclocking disitu para overclocker mengoverclocking pc yang processor nya 4.5 Ghz menjadi 7.5 Ghz waoow... amazing bukan.. siapa yang ngak mau processor nya secepat itu ? 
setiap overclocking pastinya panas dari processor nya sangat lah tinggi, maka dari para overclocking menggunakan pendingin bukan aircooler atau pun watercooler. melainkan memakai Liquid Nitrogen, dimana suhu liquid nitrogen bisa mencapai -200 derajat celcius.
ada 4 cooler untuk mendinginkan sebuah PC :
1. aircooler
2. watercooler
3. Liquid nitrogen
4. (lupa ane :v)
  pada saat di cek menggunakan termometer suhu dari processor nya bisa mencapai -185 derajat celcius..waow... air saja sudah membeku itu hahahah..

oke terima kasih semuanya semoga bermanfaat. sampai berjumpa di postingan berikutnya ..

No comments:

Post a Comment