Friday 6 March 2015

Karya Ilmiah Peluang Bisnis Usaha Kedai Kopi



Karya Ilmiah Lingkungan Bisnis
Usaha Kedai Kopi




Nama     : Reno Aprilianto
Kelas     : 14 S1TI - 12
NIM      : 14.11.8360



Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer
 AMIKOM YOGYAKARTA







A. Abstrak
          Minuman kopi siapa yang tidak kenal, kopi bagi kebanyakan orang menjadi pelengkap kehidupan sehari – hari. Bahkan budaya minum kopi sangat kental dalam masyarakat kita. Pengemar kopi bukan hanya orang tua, tapi sudah meluas hingga kalangan anak muda. Peluang usaha warung kopi bisa di bilang semakin lama semakin menjanjikan karena semua kalangan menyukai kopi.

 
B. Pembahasan
         Kopi merupakan suatu jenis minuman berwarna hitam pekat yang mampu memberikan cita rasa unik bagi yang meminumnya. Sebuah kedai kopi bisa menjadi ide cemerlang untuk bisnis rumahan. Kedai kopi dapat bekerja sebagai sumber penuh pendapatan. Kedai kopi dapat menjadi salah satu tempat terbaik untuk bertemu dengan orang – orang baru. Peluang usaha kedai kopi lebih menjanjikan bila rasa kopinya enak, tempat nyaman, fasilitas tercukupi. Tentu akan semakin banyak minta penikmat kopi untuk sering ngopi di warung kita. Memang mendirikan usaha kedai kopi mengelaurkan modal yang cukup besar. Bila ingin menjalankan usaha kedai kopi , tetapi tidak mempunyai modal yang cukup besar, jangan khawatir karena semua itu pasti ada jalan keluarnya. Bagi mahasiswa, untuk mendapatkan modal bisa mengajukan proposal pkm.

Berikut tips untuk membuka usaha kedai kopi :

a)      Citarasa 
Kebanyakan penikmat kopi dapat membedakan mana kopi yang enak dan tidak.untuk itu pra pengusaha kedai kopi harus memperhatikan cita rasa. Untuk menghasilkan minuman kopi cengan cita rasa tinggi, tentu harus memperhatikan bahan baku nya yaitu biji kopi yang berkualitas. Serta banyak bergaul denganpara pecinta kopi, dari situ akan tahu jenis kopi daerah mana saja yang mempunyai cita rasa tinggi.


b)      Perhatikan selera masyarakat
Beda tempat maka beda pula selera masyarakat terhadap minuman kopi. Untuk itu para pengusaha kedai kopi harus peka terhadap hal ini. Missal kedai kopi dekat kampus, maka minuman kopi yang disajikan harus beranekaragam.semakin beragam maka semakin besar peluang untuk laku.

c)      Cari pembeda
Tak dapat di pungkiri, saat ini bisnis kedai kopi sudah menjamur. Mereknya pun juga beranekaragam. Maka dari itu pengusaha harus kreatif mencari pembeda dengan minuman kopi milik orang lain.

  
d)      Kenali kelas ekonomi
Laku atau tidaknya suatu barang juga ditentukan oleh harga. Bila harga yang ditawarkan terlalu mahal di lingkungan dengan kelas ekonomi menengah, tentu produk tersebut tidak terlalu laku penjualannya. Maka dari itu penentuan harga harus disesuaikan dengan lingkungan sekitar. 

e)      Pelayanan
Harus mempunyai pelayan yang antusias ,pekerja keras dan muda. Melatih pelayan untuk menyapa pelanggan, bagaimana untuk menerima perintah dan tidak membuat kesalahan untuk melayani pelanggan.

f)        Fasilitas
Selain beberapa faktor diatas, fasilitas sangat lah mendukung untuk menarik peminat pelanggan dan kenyaman dari pelanggan tersebut. Seperti tv, area hotspot dan lain sebagainya.





C. Referensi

No comments:

Post a Comment