Karya
Ilmiah Lingkungan Bisnis
Usaha
Kedai Kopi
Nama : Reno Aprilianto
Kelas : 14
S1TI - 12
NIM :
14.11.8360
Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer
AMIKOM YOGYAKARTA
A. Abstrak
Minuman kopi siapa yang tidak kenal, kopi bagi kebanyakan orang menjadi pelengkap kehidupan sehari – hari. Bahkan budaya minum kopi sangat kental dalam masyarakat kita. Pengemar kopi bukan hanya orang tua, tapi sudah meluas hingga kalangan anak muda. Peluang usaha warung kopi bisa di bilang semakin lama semakin menjanjikan karena semua kalangan menyukai kopi.
B. Pembahasan
Kopi merupakan suatu
jenis minuman berwarna hitam pekat yang mampu memberikan cita rasa unik bagi
yang meminumnya. Sebuah kedai kopi bisa menjadi ide cemerlang untuk bisnis
rumahan. Kedai kopi dapat bekerja sebagai sumber penuh pendapatan. Kedai kopi
dapat menjadi salah satu tempat terbaik untuk bertemu dengan orang – orang baru.
Peluang usaha kedai kopi lebih menjanjikan bila rasa kopinya enak, tempat
nyaman, fasilitas tercukupi. Tentu akan semakin banyak minta penikmat kopi
untuk sering ngopi di warung kita. Memang mendirikan usaha kedai kopi
mengelaurkan modal yang cukup besar. Bila ingin menjalankan usaha kedai kopi ,
tetapi tidak mempunyai modal yang cukup besar, jangan khawatir karena semua itu
pasti ada jalan keluarnya. Bagi mahasiswa, untuk mendapatkan modal bisa
mengajukan proposal pkm.
Berikut tips untuk
membuka usaha kedai kopi :
a) Citarasa
Kebanyakan
penikmat kopi dapat membedakan mana kopi yang enak dan tidak.untuk itu pra
pengusaha kedai kopi harus memperhatikan cita rasa. Untuk menghasilkan minuman
kopi cengan cita rasa tinggi, tentu harus memperhatikan bahan baku nya yaitu
biji kopi yang berkualitas. Serta banyak bergaul denganpara pecinta kopi, dari
situ akan tahu jenis kopi daerah mana saja yang mempunyai cita rasa tinggi.
b) Perhatikan
selera masyarakat
Beda
tempat maka beda pula selera masyarakat terhadap minuman kopi. Untuk itu para
pengusaha kedai kopi harus peka terhadap hal ini. Missal kedai kopi dekat
kampus, maka minuman kopi yang disajikan harus beranekaragam.semakin beragam
maka semakin besar peluang untuk laku.
c) Cari
pembeda
Tak dapat di pungkiri,
saat ini bisnis kedai kopi sudah menjamur. Mereknya pun juga beranekaragam. Maka
dari itu pengusaha harus kreatif mencari pembeda dengan minuman kopi milik
orang lain.
d) Kenali
kelas ekonomi
Laku atau tidaknya suatu barang juga ditentukan oleh
harga. Bila harga yang ditawarkan terlalu mahal di lingkungan dengan kelas
ekonomi menengah, tentu produk tersebut tidak terlalu laku penjualannya. Maka dari
itu penentuan harga harus disesuaikan dengan lingkungan sekitar.
e) Pelayanan
Harus mempunyai pelayan yang antusias ,pekerja keras
dan muda. Melatih pelayan untuk menyapa pelanggan, bagaimana untuk menerima
perintah dan tidak membuat kesalahan untuk melayani pelanggan.
f)
Fasilitas
Selain beberapa faktor diatas, fasilitas sangat lah
mendukung untuk menarik peminat pelanggan dan kenyaman dari pelanggan tersebut.
Seperti tv, area hotspot dan lain sebagainya.
C. Referensi
No comments:
Post a Comment